Kamis, 16 Oktober 2014

SOAL IPS SEJARAH SEMESTER II KELAS VII

1. Tujuan sosial masyarakat Hindu membentuk sistem kasta adalah....
a. mengatur pembangunan  lahan pertanian sesuai ketrampilan
b. mempertahankan kemurnian ras Arya dari pencampuran.
c. memutuskan pembagian tugas dalam pemerintahan dan peribadatan
d. mempercepat pengambilan keputusan terhadap masalah sosial

2. Sisi positif pengelompokan masyarakat berdasarkan kasta adalah....
a.  kemakmuran masyarakat dijamin akan meningkat
b. tidak ada peluang bagi penguasa menjadi sewenang-wenang
c. kedudukan dan tugas warga sudah jelas sesuai dengan kastanya
d. kekacauan akibat perang dapat dihindari

3. Perkembangan Hindu di lembah sungai membawa kita  menyimpulkan bahwa....
a. pertumbuhan peradaban ditunjang oleh kemakmuran masyarakat
b. peradaban yang maju selalu tumbuh di kawasan lembah sungai
c. masyarakat lembah sungai lebih memahami peradaban
d. kehidupan masyarakat lembah sungai cenderung bercorak agraris

4. Corak polytheisme dalam kepercayaan Hindu tampak dari....
a. dipercayainya Dewa Baruna sebgai penguasaangin
b. kedudukan Dewa Indra sebagai penguasa tertinggi
c. disembahnya banyak dewa sebagai penguasa alam semesta
d. masing-masing dewa mewakili kekuatan alam

5. Sumbangan Buddha Gautama bagi umat manusia adalah....
a. merintis pemerintahan dan kerajaan Buddhisme di India
b. membuka jalan memperoleh jalan dan kemakmuran
c. menyadarkan akan sia-sianya hidup manusia di dunia
d. menunjukan sumber sebenarnya dari penderitaan manusia di dunia

6. Tidak diakuinya kasta dalam masyarakat Buddha tampak pada....
a. kedudukan setara umat dan rahib sebagai putera dan puteri Buddha
b. tanggung jawab rahim memenuhi kebutuhan jasmani umat
c. kewajiban umat Buddha untuk menafsirkan dharma sendiri-sendiri
d. perbedaan hak dan kewajiban antara rahib dan umat

7. Perhatian Ashoka terhadap Buddhisme tampak dari tindakan....
a. memaksakan dianutnya agama Buddha dengan kekerasan
b. menjadi salah satu murid pertama Buddha Gautama
c. mempelopori penyebaran Buddhisme di luar India
d. membangun sekolah-sekolah Buddha dan Hindu

8. Pada awalnya Buddhisme sulit berkembang di Cina, karena....
a. ajaran Buddha hanya diterima oleh para penguasa dan militer
b. tradisi Confucianisme dan Teoisme telah berakar kuat
c. Buddhisme dianggap sebagai ajaranterlarang
d. ajaran Buddha tidak sesuai dengan tradisi asli Cina

9. Perkembangan Buddhisme di Cina ditunjang dengan kondisi ini, kecuali....
a. Confucianisme tidak berakar kuat setelah Dinasti Han merosot
b. anggapan bahwa nilai Buddhisme memperkaya tradisi asli Cina
c. kemampuan Cina memadukan tradisi asli dengan nilai Buddhisme
d. dukungan Dinasti Han untuk membangun sekolah Buddha di Cina

10. Kondisi yang tidak memperlihatkan kejayaan Buddhisme di Cina....
a. munculnya berbagai aliran Buddhisme di Cina
b. agama Buddha diperlakukan sebagai agama negara
c. digalakkanya pembangunan candi Buddha di Cina
d. kegiatan memperdalam ajaran Buddha berkembang dengan subur

11. Perkembangan Buddhisme khas Cina dan Jepang menunjukan....
a. keterbukaan nilai Buddhisme terhadap tradisi luhur setempat
b. kedudukan lebih tinggi Buddhismedaripada tradisi Cina dan Jepang
c. persaingan antara nilai Buddha dan tradisi asli setempat
d. lenyapnya tradisi asli CIna dan Jepang akibat Buddhisme

12. Alasan keterkaitan penyebaran Hindu-Buddha dan perdagangan....
a. agama Hindu dan Buddha disebarkan oleh para pedagang India
b. perdagangan membuka jalan bagi dikenalnya kebudayaan India
c. perdagangan satu-satunya cara menyebarkan Hindu-Buddha
d. Hindu-Buddha mendukung perkembangan mancanegara

13. Perubahan politik di Asia Tenggara pasca Hindu-Buddha adalah....
a. peralihan masyarakat agraris menjadi masyarakat maritim
b. kedudukan raja menjadi semakin tidak berwibawa
c. demokrasi berkembang dalam masyarakat
d. masyarakat kesukuan beralih menjadi masyarakat kerajaan

14. Persebaran peninggalan bercorak Hindu-Buddha di Asia Tenggara membawa kita pada kesimpulan sebagai berikut, kecuali....
a. Buddhisme lebih banyak berkembang di daratan Asia Tenggara
b. Hinduisme cenderung lebih berkembang di Indonesia bagian barat
c. Hindu dan Buddha sama-sama berkembang pesat di Asia Tenggara
d. lebih banyak peninggalan Hindu di Keulauan Indonesia

15. Sistem kasta menguuntungkan para brahmana dan ksatriya karena....
a. sistem kasta memberi kebebasan tanpa batas pada kalangan elit
b. kalangan waisya dan sudra sama tidak punya hak dalam masyarakat
c. pembagian hak dan kewajiban dalam masyarakat kurang tegas
d. sistem klasta ditentukan tanpa persetujuan waisya dan sudra

16. Perdagangan Indonesia denegan Cina dibuktikan dengan temuan berupa....
a. barang keramik Cina di beberapa tempat di Indonesia
b. bangunan bergaya Cina di berbagai tempat di Indonesia
c. prasasti berbahasa Cina di pantai timur Sumatera
d. arca bergaya Cina di pantai utara Jawa

17. Hak khusus penguasa Indonesia dalam perdagangan antara lain....
a. hak jual dan hak beli pertama
b. hak tawar hargasampai nilai terendah
c. hak membeli komoditas utama tingkat pasaran
d. hak menjual komoditas utama di pasaran

18. Dibandingkan wilayah lainnya, Indonesia lebih aktif menjalin perdagangan dengan India. Bukti paling kuat adalah....
a. adanya banyak bandar dagang India di esisir Indonesia
b. munculnya para penguasa India di Indonesia
c. tersebarnya kesudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
d. tumbuhanya kota-kota bercorak India di Indonesia

19. Menurut pendapat yang menganggap bangsa Indonesia pasif, penyebar kebudayaan Hindu-Buddha adalah brahmana. Alasannya....
a. unsur-unsur kebudayaan Hindu-Buddha amat bercorak brahmana
b. kebudayaan Hindu-Buddha dilaksanakan oleh brahmana
c. brahmana berkedudukan istimewa dalam kerajaan Hindu-Buddha
d. kebudayaan Hindu-Buddha hanya untuk kalangan brahmana

20. Menurut pendapat uyang menganggap Indonesia aktif,pelaku penyebaran Hindu-Buddha adalah...
a. pedagang Indonesia dan pedagang India
b. brahmana India dan brahmana Indonesia
c. ksatriya Indonesia dan brahmana India
d. waisya Indonesia dan brahmana Indonesia

21. Berikut ini bukan pengaruh Hindu-Buddha dalam bidang politik....
a. munculnya kerajaan bercorak Hindu-Buddha
b. para raja bergelar nama India
c. pemerintahan bersifat demokratis
d. kedudukan raja turun temurun

22. Akibat pengaruh Hindu-Buddha terhadap corak domokratis....
a. munculnya bangunan istana dan candi
b. terbentuknya kasta
c. pemilihan pemimpin bvverdasarkan keahlian
d. tersebarnya agama Hindu dan Buddha

23. Kesimpulan terhadap catatan musafir Cina Fa Hien adalah....
a. Tarumanagara merupakan kerajaan bercorak Buddha
b. HinduBuddha mengalami kesulitan b erkembang di Indonesia
c. pedagang Indonesia telah terlibat dalan perdagangan mancanegara
d. sebagian Indonesia berada di bawah pengaruh Cina

24. Keunukan berbagai peninggalan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia, menunjukan bahwa bangsa Indonesia berhasil....
a. menerapkan buddaya Hindu-Buddha tanpa mengolah kembali
b. memadukan nilai budaya asli dengan budaya Hindu-Buddha
c. manddatangkan para pakar budaya Hindu-Buddha dari India
d. menolak penyebaran budaya HinduBuddha di berbagai daerah

25. Tujuan penguasa mengundang brahmana sebagai berikut, kecualli....
a. mengenalkan lebih mendalam nilai-nilai budaya HIndu-Buddha
b. mendukung kekuasaan mutlak penguasa lokal
c. membantu pembentukan masyarakat bercorak Hindu-Buddha
d. maenghapuskan nilai-nilai budaya asli

26. Corak Hindu pada Kerajaan Kutai antara lain dikuatkan oleh bukti berikut, kecuali....
a. yupa bertuliskan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta
b. nama raja Aswawarman  dan Mulawarman
c. fungsi yupa dalam upacara kurban
d. kedudukan Kudungga sebagai vamsakarta

27. Dikenalnya irigasi ooleh Tarumanagara terbukti dari prasasti berisi....
a. keunggulan dan kegagahan Purnawarman sebagai jelmaan Wisnu
b. pembangunan tanggul danwaduk di sekitar Cibungbulang, Bogor
c. penggalian saluran Gomati dan sungai Candrabhaga
d. pemberian hadiah 1000 ekor sapi kepada para brahmana

28. Kesimpulan terhadap pembangunan pemujaan Siwa di Canggal....
a. Sanjaya merupakan penjelmaan Dewa Siwa
b. Kerajaan Mataram Lama diperintah oleh Dinasti Sanjaya
c. Kerajaan Mataram Lama bercorak Hindu
d. Kerajaan Mataram Lama dikuasai oleh bangsa India

29. Akhir Kerajaan Mataram Lama ditandai oleh....
a. berdirinya Dinasti Isana
b. perseteruan antara Dinansti Sanjaya dan Syailendra
c. Balaputradewa melarikan diri ke Sriwijaya
d. Kemenangk\an Raka I Pitakan terhadap Syailendra

30. Tujuan serangan pasukan Dharmawangsa ke Selat Malaka adalah....
a. mematahkan pengaruh Sriwijaya dalam perdagangan
b. membendung serangan Sriwijaya ke Pulau Jawa
c. bersekutu dengan Sriwijaya untuk menguasai perdagangan
d. mempersatukan Nusantara di bawah kekuasaan Medang Kamulan

31. Latar Kitab Bharatayudha adalah peristiwa berikut, kecuali....
a. persaingan antara Janggala dan Kadiri yang memuncak menjadi perang saudara
b. kemenangan Jayabaya dalam perang melawan Jenggala
c. pemberontakan Ken Arok dari Tumapel terhadap Kertajaya
d. keberhasilan Jayabaya mempersatukan Janggala dan Kadiri

32. Posisi Sriwijaya sebagai pusat agama Buddha tampak dari....
a. anjuran I-tsing agar pendeta Cina belajar dulu di Sriwijaya
b. adanya perguruan tinggi agama Buddha di Sriwijaya
c. peran bandar Buddha terkenal di India mengajar di Sriwijaya

33. Salah satu hikmah yang dapat kita tarik dari peristiwa runtuhnya Majapahit adalah....
a. kekuatan militer perlu untuk kewibawaan negara
b. perpecahan membahayakan keutuhan negara
c. kekompakan tidak diperlukan untuk keutuhan negara
d. nasionalisme harus ada di setiap hati warga negara

34. Keruntuhan Singhasari sebagai akibat dari....
a. seranagan dari pasukan Kadiri
b. pemberontakkan yang dilakukan rakyatnya akibat kekecewaan terhadap kepemimpinan Kertanegara
c. Terjadinya pemberontakan yang dilakukan Jayakatwang yang merupakan raja bawahan Kertanegara
d. ketidakmampuan Wisnuwardhana dalam memimpin Singhasari

35. Pada saat Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, Kerajaan Majapahit di bawah kepemimpinan....
a. Sri Kertarajasa Jayawardhana                c. Sri Jayanegara
b. Tribuwanatunggadewi                            d. Sri Rajasanegara

36. Kehidupan di Indonesia abad ke-5 sampai 15 M ditandai oleh....
a. perkembangan pengaruh kebudayaan India dan Cina
b. migrasi besar-besaran pedagang India ke Indonesia
c. brahmana memegang peranan dominan dalam pemerintahan
d. perkembangan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

37. Berikut bukti ekonomi Kutai bercorak agraris-perdagangan, kecuali....
a. letak Kutai di tepi aliran Sungai Mahakam
b. bebrita yupa mengenai persembahan ternak raja kepada brahmana
c. masuknya pengaruh HIndu melalui perdagangan
d. yupa bertuliskan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta

38. Konsentrasi Sriwijaya pada perdagangan didukung oleh fakta....
a. Sriwijaya merupakan kerajaan bercoorak Buddha
b. Balaputradewa membawwaSriwijaya pada kejayaan
c. Sriwijaya terletak di tepi pantai dan Sungai Musi
d. Sriwijaya merupakan pusat agama Buddha

39. Terhadap kebudayaan Hindu-Buddha, bangsa Indonesia bersikap....
a. sepenuhnya menerapkan nilai kebudayaan Hindu-Buddha
b. mengolah kebudayaan HIndu-Buddha sesuai dengan nilai asli
c. memililh nilai luar yang menunjang kehidupan ekonomi dan sosial
d. membiarkan nilai Hindu-BUddha tumbuh sendiri sesuai zaman

40. Candi yang termasuk ke dalam golongan candi Hindu adalah....
a. Candi Plaosan                         c. Candi Sukuh
b. Candi Borobudur                    d. Candi Sewu


2 komentar: