Senin, 16 Maret 2015

10 Temuan Misterius di Dasar Laut


gurita-purba
Peradaban manusia banyak menyimpan hal misterius yang belum terungkap.
Seiring dengan kemajuan teknologi manusia, satu demi satu penemuan terhadap peradaban jaman dulu mulai terkuak.
Ternyata hal sangat mencengangkan terjadi sehubungan dengan temuan-temuan itu. bahwasannya peradaban manusia sudah sangat maju pada zaman sejarah dan prasejarah dulu.
Sebuah fakta yang tak terbayangkan oleh kita sebelumnya. Berikut ini 10 macam penemuan misterius yang diperoleh dari dasar laut.





Komputer kuno Yunani
Sistem mekanik Antikythera adalah salah satu penemuan yang paling unik masa kini, tenggelam di dasar laut selama ribuan tahun lamanya.
Ia adalah peralatan roda gigi kompleks tertua yang pernah ditemukan saat ini. Berdasarkan kompleksitas strukturalnya, terkadang ia disebut sebagai computer analog pertama di dunia.
Desainnya didasarkan pada deret aritmetika Babel memprediksi periode waktu gerhana bulan dan gerhana matahari, fungsi otentik dari komputer kuno ini masih misteri. 
1-komputer-1
Mesin Apollo 11
Maret 2013, CEO Amazon Jeff - Bezos membuat keputusan gila, mengeruk mesin Apollo 11 yang tenggelam di dasar laut. Seluruh proses pengerukan dilakukan secara rahasia, memperbaiki mesin dan beberapa komponen terkait. Saat ini dipajang di Space Center dan Kansas Cosmosphere. 
2-apollo
Kota kuno di dasar laut
Apa alasan yang menyebabkan seluruh kota tenggelam ke dasar laut? Naiknya permukaan air laut yang disebabkan tutup es dan faktor lain, sehingga kota secara bertahap tenggelam ke dasar laut. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan modern dan teknologi, kita dapat menemukan kembali dan mempelajari reruntuhan di dasar laut ini.
Salah satu contoh yang paling terkenal adalah kota Thonis yang tenggelam di dasar laut Mesir. Sejarahnya dapat ditelusuri kembali pada ribuan tahun yang silam, ditemukan dalam survei di dasar laut pada 2000 lalu.

3-kota-kuno
Emerald Zamrud dengan harga selangit
Pada 2010 lalu, Jay miscovish asal Florida, membeli sebuah peta harta karun dari temannya di bar. Sebagai seorang pemburu harta karun dan perenang amatiran, ia menelusuri peta tersebut dan menemukan Zamrud di dasar laut Florida yang harganya mencapai jutaan dolar AS. 
4.-zamrud
Ikan fosil hidup
Sebelumnya ilmuwan beranggapan bahwa species purba coelacanth telah punah pada 65 juta tahun silam, namun, pada 1938 seorang ahli biologi kelautan berhasil menangkap seekor coelacanth di laut Afrika. Kemudian, species coelacanth ke dua ditemukan di perairan Indonesia, ikan ini disebut 'fosil hidup'.
5.-ikan-fosil
Kapal bajak laut dan meriam perang
Pada 1718, kapal bajak laut "Blackbeard" yang legendaris kandas di laut Beaufort hingga akhirnya tenggelam di laut. Pada tahun 1966, reruntuhan kapal bajak laut ini ditemukan. Pada 2013 lalu, Amerika Serikat, North Carolina's Department of Cultural Resources menemukan meriam besar milik 'Blackbeard' seberat lebih dari 907 Kg di dasar laut.  


6-bajak-laut
Species baru Catshark
Pada 2012 lalu, sebuah ekspedisi yang berlangsung selama dua bulan di kawasan samudera India, para ilmuwan berhasil menangkap ratusan ekor ikan hiu, termasuk diantaranya delapan spesies hiu baru.  
7-catshark
Mikroba zaman zura
Pada 2012 lalu, para ilmuwan menemukan mikroba zaman zura di dasar laut, mereka berjuang untuk tetap hidup, dengan minimnya pasokan makanan dan oksigen yang cukup untuk mempertahankan metabolisme, sulit dipercaya bagaimana mereka bisa bertahan hidup. (Zhengjian)
8-mikroba

61 ton perak batangan
Pada 2012 lalu, tim survey kelautan menemukan 61 ton perak batangan di perairan Utara Irlandia, harganya ditaksir 36 juta dolar AS, menurut analisis, perak batangan ini berasal dari kapal SS Gairsoppa Inggris tahun 1941 silam, yang tenggelam ke dasar laut karena diserang torpedo Nazi Jerman kala itu.
9-perak
Gurita laut" yang misterius
Selama berabad-abad, pernah tercatat seorang nelayan berhasil menangkap gurita misterius di tengah laut. Bahkan beberapa gurita di antaranya berukuran lebih dari 13 meter panjangnya, waktu pertama kali ditemukannya gurita raksasa hidup adalah tahun 2001, dan pada 2012. Gurita raksasa dewasa berhasil direkam dalam video. (joni/rahab)
10-gurita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar